• ***************************************************
  • Isi form berikut ini untuk memasarkan properti Anda

    Judul
    Alamat
    LT/LB (m2)
    Lebar Depan (m)
    Posisi/Letak
    Harga (Rp.)
    Spesifikasi Bangunan
    Keterangan Lain
    Foto/Gambar
    Email / No.Telp
    Image Verification
    Please enter the text from the image
    [ Refresh Image ] [ What's This? ]

    LONGSOR: Tanah di sudut Perumahan Widya Graha Satu Pancoran Emas, Tampan

    Minggu, Maret 21, 2010 Pekanbaru Properti

    Longsor mengancam warga Perumahan Widya Graha Satu Pancoran Emas. Bahkan sebagian warga mengungsikan barang yang ada di dalam rumah ke rumah tetangga. Pasalnya rumah yang mereka tempati sudah retak-retak.

    PADA awalnya warga Perumahan Widya Graha Satu Pancoran Emas, Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan tak menyangka longsor bakal terus menggerus tanah di perumahan mereka. Pasalnya, Selasa (16/3) lalu mereka sudah berupaya membuat drainase dan pancang-pancang di lokasi longsor. Namun tanpa disangka-sangka Rabu (17/3) sekitar pukul 03.30 WIB, longsor kembali terjadi.

    Awalnya, longsor hanya menumbangkan tembok batas perumahan dengan anak sungai yang ada di bawahnya. Namun dini hari kemarin longsor kembali meruntuhkan lebih 15 meter persegi lahan perumahan. Bahkan pondasi rumah yang sudah dibuat oleh pihak developer ambruk dan turun ke anak sungai yang berjarak sekitari 10 meter dari lokasi longsor. Bukan itu saja, tiang listrik milik PLN juga ikut ambrukke anak sungai tersebut.

    Akibat longsor itu, warga di sekitar lokasi mengaku cemas akan adanya longsor susulan. Pasalnya, sejak longsor Rabu kemarin, sebagian rumah warga yang tak jauh dari lokasi longsor mulai retak-retak.

    Seorang warga, P Tambunan mengaku, dirinya sangat was-was sejak terjadi gejala longsor Senin lalu. Karena sudah empat meter tanah dan tembok rubuh ke anak sungai. Namun karena baru sedikit, katanya masyarakat perumahan langsung melakukan perbaikan dengan cara meletakan kayu dan membuat tembok beton untuk drainasenya.

    ‘’Saya sangat terkejut ketika saya keluar rumah ternyata tanah sudah runtuh ke sungai hingga batas drainase,’’ jelas Tambunan.

    Padahal, kata Tambunan, sekitar pukul 03.00 WIB dirinya melihat kondisi tanah di samping rumahnya tersebut.Tapi sekitar 15 menit dirinya baru tidur terdengar gemuruh dari sebelah rumahnya. Ternyata setelah dia keluar rumah, dilihatnya pondasi rumah yang ada di sebelah rumahnya sudah tak adalagi dan rata dengan tanah. Jarak antara reruntuhan dengan rumahnya tidak sampai dua meter.

    ‘’Jujur saya sudah dua hari tak bisa tidur malam. Saya sangat khawatir longsor susulan, ternyata benar,’’ jelasTambunan lagi.

    Karena terjadi longsor susulan tersebut, semua barang dan isi rumahnya diangkut ke rumah tetangga yang agak jauh dari lokasi longsor. ‘’Saya khawatir Pak. Dan saya sekarang bingung, takut rumah saya jadi korban berikutnya, ke mana lagi mau tinggal,’’ ucap bapak tiga anak ini lagi.

    Ketua RT 10, Herbet Hasibuan menegaskan, kejadian longsor ini bermula Senin lalu. Saat itu hujan turun cukup deras, sehingga sebagian lahan kosong yang di atasnya ada pondasi jatuh ke sungai. ‘’Kami sudah berupaya mengatasi dengan membuat pancang dari kayu dan beton. Tapi jatuh juga ke sungai. Lihat itu kayu dan betonnya,’’ ucap Herbet sambil menunjuk kayu yang berada di anak sungai.

    Hal serupa dikatakan Ketua RW 07, Azwan. Dirinya bersama RT dan warga sudah melaporkan hal ini kepada pihak kelurahan dan kecamatan. ‘’Tapi sampai saat sekarang belum ada reaksi,’’ jelasnya.

    Sekretaris Lurah (Seklur) Delima, Porwil SH MSI didampingi stafnya Anasril menegaskan bahwa dirinya sudah membuat laporan ke kecamatan dan pihak Kimpraswil. ‘’Kita berharap cepat ditanggapi,’’ jelasnya.

    Menyikapi hal ini, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pekanbaru Dadang Eko mengaku bahwa dirinya sudah mendapat informasi tersebut. Dan dirinya sudah mengerahkan stafnya untuk turun ke lokasi. ‘’Saya sudah tahu masalah longsor di Widya Graha tersebut, dan sekarang sudah diinstruksikan bawahan saya untuk turun,’’ ucapnya.***


    0 komentar: LONGSOR: Tanah di sudut Perumahan Widya Graha Satu Pancoran Emas, Tampan

    Posting Komentar