• ***************************************************
  • Isi form berikut ini untuk memasarkan properti Anda

    Judul
    Alamat
    LT/LB (m2)
    Lebar Depan (m)
    Posisi/Letak
    Harga (Rp.)
    Spesifikasi Bangunan
    Keterangan Lain
    Foto/Gambar
    Email / No.Telp
    Image Verification
    Please enter the text from the image
    [ Refresh Image ] [ What's This? ]

    225 Kejadian dan 6 Korban Jiwa, Pemadaman Listrik Picu Peningkatan Kebakaran

    Kamis, Oktober 01, 2009 Pekanbaru Properti
    Tahun 2009 terjadi peningkatan kebakaran di Kota Pekanbaru. Sampai September sudah 225 kejadian. Salah satu pemicu adalah seringnya listrik padam.

    Riauterkini-PEKANBARU- Dinas Pemadam Kebakaran (DKP) Kota Pekanbaru menyatkaan terjadi peningkatan kejadian kebakaran di Pekanbaru selama 2009. Dibandingkan tahun sebelumnya hanya hanya terjadi 200 kebakaran, saat ini, hingga September saja sudah 225 kali kebakaran terjadi. Tidak hanya dari aspek kuantitas yang meningkat, secara kualitas juga meningkat. Terbukti sudah 6 jiwa menjadi korban kobaran api di Pekanbaru.

    “Jika dibandingkan tahun lalu, jelas terjadi peningkatan kejadian peristiwa kebakaran pada tahun ini,” ujar Kepala DKP Kota Pekanbaru Syafril Nawawi kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu (30/9/09).

    Tidak hanya dari aspek kuantitas terjadi kebakaran, dari sisi kualitas kebakaran di Pekanbaru tahun ini juga meningkat dratis. Jika sepanjang 2008 kebakaran tidak sampai menimbulkan korban jiwa, saat ini sudah 6 warga Pekanbaru jadi korban kobaran api.

    Dijelaskan Syafril, salah satu faktor yang memicu peningkatan kebakaran adalah seringnya listrik padam. “Sudah pasti pemadaman listrik sangat berpengaruh pada peningkatan terjadinya kebakaran,” tegasnya.

    Menurut Syafril, karena listrik mati-hidup akan memicu terjadi konsleting listrik. Selain itu, saat listrik pada penggunaan penerang alternatif, seperti lilin atau lampu minyak berpotensi menjadi sebab kebakaran. “Kalua lilinya diletak di dekat tempat tidur, kemudian kejatuhan kain, maka berkobarlah api,” tukasnya.

    Selain itu, Syafril mengakui, peningkatan kualitas kebakaran juga disebabkan minimnya prasarana dan sumber daya manusia yang dimiliki DKP Pekanbaru. Saat ini DKP hanya punya 13 unit mobil pemadam kebakaran dengan 134 personil. Padahal, dengan populasi penduduk sekitar 800.000 jiwa, mestinya DKP Pekanbaru punya 22 unit mobil pemadam kebakaran.

    Sebagai data tambahan, dari 225 kejadian kebakaran di Pekanbaru, 97 di antaranya merupakan kebakaran lahan kosong.***(mad)

    url:http://www.riauterkini.com/sosial.php?arr=26153

    0 komentar: 225 Kejadian dan 6 Korban Jiwa, Pemadaman Listrik Picu Peningkatan Kebakaran

    Posting Komentar